Narrative Text And Generic Structure

Narrative Text And Generic Structure – Teks naratif adalah cerita dengan peristiwa yang kompleks atau bermasalah dan mencoba mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Bagian penting dari teks naratif adalah mode naratif, seperangkat teknik yang digunakan untuk menyampaikan cerita melalui proses narasi.

Ini mengatur adegan – di mana dan kapan cerita itu terjadi – dan memperkenalkan para aktor dalam cerita – siapa dan apa yang terlibat dalam cerita tersebut. DEVELOPMENT Menceritakan awal permasalahan yang berujung pada krisis pelaku utama (klimaks). KOMPLIKASI Masalah (krisis) diselesaikan dengan akhir yang bahagia atau akhir yang menyedihkan (tragis). Ini terdiri dari pelajaran moral, saran atau instruksi dari penulis

Narrative Text And Generic Structure

LEGENDA MALIN KUNDANG Dahulu kala di sebuah desa kecil dekat pantai di Sumatera Barat hiduplah seorang wanita dan putranya Malin Kundang. Malin Kundang dan ibunya harus hidup susah karena ayahnya meninggal saat dia masih kecil. Malin Kundang adalah seorang anak laki-laki yang sehat, rajin dan kuat. Dia biasanya pergi ke laut untuk menangkap ikan. Setelah menangkap ikan, dia akan membawanya ke ibunya atau menjual ikan hasil tangkapannya ke kota. Suatu hari ketika Malin Kundang sedang berlayar, dia melihat sebuah kapal dagang diserang oleh sekelompok perompak. Dengan keberaniannya, Malin Kundang membantu sang saudagar mengalahkan para perompak. Untuk berterima kasih padanya, saudagar itu mengizinkan Malin Kundang untuk berlayar bersamanya. Malin Kundang setuju dengan harapan kehidupan yang lebih baik. Dia meninggalkan ibunya sendirian. Bertahun-tahun kemudian, Malin Kundang menjadi kaya. Dia memiliki kapal besar dan banyak awak kapal yang dipekerjakan untuk memuat barang dagangan. Dia juga menikah dengan seorang wanita cantik. Saat berlayar dalam perjalanan dagangnya, kapalnya mendarat di dekat sebuah desa kecil. Warga setempat menyadari bahwa itu adalah Malin Kundang, seorang bocah lelaki setempat. Berita itu dengan cepat menyebar ke seluruh kota. “Malin Kundang menjadi kaya dan sekarang dia ada di sini.” Seorang wanita tua yang merupakan ibu Malin Kundang berlari ke pantai untuk menemui saudagar kaya baru itu. Dia ingin memeluknya untuk menghilangkan kesedihan karena sendirian setelah sekian lama. Ketika ibunya mendekatinya, Malin Kundang yang bersama istrinya yang cantik dan awak kapal menyangkal bahwa dia adalah ibunya. Dia telah meminta Malin Kundang untuk melihatnya dan menerima bahwa dia adalah ibunya. Tapi dia terus menolak untuk melakukannya dan berteriak padanya. Malin Kundang akhirnya memberitahunya. “Cukup, wanita tua. Aku tidak pernah memiliki ibu sepertimu, wanita yang kotor dan jelek. Dia kemudian memerintahkan anak buahnya untuk berlayar menjauh dari wanita tua itu, yang kemudian diliputi kesedihan dan kemarahan. Akhirnya dengan perasaan marah, dia mengutuk Malin Kundang bahwa dia akan berubah menjadi batu jika dia tidak meminta maaf padanya. Malin Kundang hanya tertawa dan berlayar pergi. Tiba-tiba badai guntur pecah di laut yang tenang dan menenggelamkan kapal besarnya. Dia terdampar di sebuah pulau kecil. Memang sudah terlambat baginya untuk melarikan diri dari kutukannya. telah berubah menjadi batu. Diadaptasi dari: naratif-analisis-on-malin-kundang.html

See also  Slot Pragmatic Demo

Detail Contoh Narrative Text Legend Beserta Generic Structure Koleksi Nomer 1

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami. Orientasi. Mengacu pada paragraf pembuka di mana karakter cerita diperkenalkan. dan dimana)  Kompleksitas. dari mana datangnya masalah cerita? Solusi: Di ​​mana masalah cerita diselesaikan? Masalah selasam, secara baik “happy ending” atatup buruk “bad ending”.

Suatu ketika dua orang teman sedang berjalan melewati hutan. Mereka tahu bahwa sesuatu yang berbahaya dapat terjadi pada mereka kapan saja di dalam hutan. Oleh karena itu, mereka berjanji satu sama lain bahwa mereka akan tetap bersatu jika ada bahaya. Tiba-tiba mereka melihat beruang besar datang ke arah mereka. Salah satu temannya segera memanjat pohon terdekat. Tapi yang lain tidak tahu cara memanjat. Oleh karena itu, dibimbing oleh akal sehatnya, dia terengah-engah di tanah, berpura-pura mati.

Beruang itu mendekati pria di tanah. Dia mengendusnya di telinganya dan perlahan meninggalkan tempat itu. Karena beruang tidak menyentuh benda mati. Sekarang temannya yang sedang berbaring di pohon itu turun dan bertanya kepada temannya yang sedang berbaring di tanah. Teman yang lain menjawab. “Beruang itu menyarankan saya untuk tidak mempercayai teman palsu.”

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima Kebijakan Privasi kami, termasuk Kebijakan Cookie kami.2 Sebuah cerita adalah teks yang digunakan untuk hiburan dan hiburan pembaca. Ini adalah teks fiksi.

Kelompok 8 Generic Structure Language Features Narrative Text

Keunikan bahasa. Penggunaan kata kerja aktif Penggunaan kata keterangan, kata sifat dan frasa kata benda Penggunaan bentuk lampau Penggunaan kata sambung Penggunaan suara pasif Penggunaan suara pasif Struktur umum (langkah): Pengalihan – opsional (nilai moral) Jenis: cerita rakyat (dongeng) 2. fabel (dongeng binatang) 3. dongeng 4. legenda 5. mitos

See also  Koi Gate Demo Slot

Teks naratif adalah teks yang berkisah tentang sebuah cerita (fiksi/nonfiksi/dongeng/cerita rakyat/fabel/mitos/epik) dan alurnya terdiri dari klimaks (kompleksitas) cerita yang diikuti dengan kesudahannya. Teks naratif adalah teks yang menghibur, menghibur, dan terlibat dengan pengalaman nyata atau tersirat dalam berbagai cara. Sebuah cerita berkaitan dengan peristiwa bermasalah yang mengarah pada krisis atau perubahan yang pada gilirannya menemukan penyelesaian. Sebuah teks naratif menceritakan sebuah cerita atau rangkaian peristiwa. Salah satu dari empat bentuk komposisi tradisional (bersama dengan deskripsi, eksposisi, dan persuasi). Narasi berbeda dengan narasi, yang juga bisa merujuk pada rangkaian peristiwa, di mana narasi tidak harus faktual dan dapat ditulis dari sudut pandang tokoh dalam teks. Pengertian teks sejarah

1. Orientasi. mengatur panggung dan memperkenalkan peserta. 2. Kompleksitas. terjadi krisis 3. Solusi. Apakah krisis telah diselesaikan menjadi lebih baik atau lebih buruk? 4. Reorientasi. Optimal 5. Evaluasi. Langkah mundur untuk menilai situasi CATATAN: Terkadang juga pasaratnya (struktur umum). Untuk “Evaluasi” dan “Reorientasi” opsional; bisa ada bisa tidak Evaluation berisi talukian/evaluationi tadap penanganan cerita atau konflik. Sedangkan reorientasi beris penyimpulan isi akhir cerita. 2. Fitur tata bahasa menggunakan mengguna “past” tenses 3. Sering menggunakan kata penghubung waktu (temporal connection), misalanya.

Rumah Amelia adalah tempat yang sunyi. Itu adalah desa berbukit. Taman rumahnya sangat indah. Bunga dengan warna berbeda tumbuh di sana. Amelia menanam beberapa mawar. Dia adalah pecinta alam. Suatu hari Amelia menutup bukunya. Dia merasa lelah setelah belajar keras. Dia berdiri di dekat jendela. Dari sana dia bisa melihat gunung. Itu hijau kebiruan yang indah. “Sungguh cantik. Alangkah indahnya jika saya bisa mencapai puncak gunung ini tanpa mendaki.” “Jika Anda ingin terbang ke sana, ikuti saya,” kata sebuah suara lembut. Amelia bertanya pada dirinya sendiri, “Siapa kamu? Kenapa kamu masuk tanpa izin?” “Namaku Yuli. Rumahku agak jauh dari sini. “Aku ingin menjadi temanmu, Amelia,” kata gadis itu. “Kamu tahu namaku,” kata Amelia. “Aku sering mendengar ibumu memanggilmu,” jawab Julie. Dia mengulurkan tangannya ke Amelia. Amelia meremas tangan Julie. “Kenapa tanganmu begitu kuat? Kamu sakit?” tanya Amelia khawatir. “Saya sudah beberapa hari tidak sekolah,” kata Yuli. “Jika kamu sakit, mengapa kamu tidak pergi tidur sekarang?” tanya Amelia. “Udara segar membuatku nyaman, Amelia,” kata Julie. July menarik tangan Amelia. Dia ingin Amelia mengikutinya.

See also  Demo Slot Terbaik

Rate Percentage Of The Students’ Score In Indicator

“Oh tidak. Aku tidak bisa pergi sekarang. Aku harus mengerjakan pekerjaan rumahku.” Bagaimana dengan besok?” tanya Yuli. “Ya, kamu bisa kembali besok. Ibuku akan membuat kue yang enak untukku. Anda harus mencoba beberapa perayaan, ”kata Amelia. “Terima kasih, Amelia. Kamu sangat baik.” Julie melambai pada Amelia dan dia menghilang. Ibu Amelia bingung melihat putrinya berbicara sendirian. “Kamu berbicara dengan siapa Amelia?” tanya ibunya, “Oh, aku sedang berbicara! Saya bersama Julie, teman baru saya, “jawab Amelia.” Tapi saya tidak melihat siapa pun, “kata ibu Amelia yang bingung. “Itu bukan fantasiku, Bu. Yuli adalah sahabat sejatiku. Rumahnya agak jauh dari sini. Dia akan datang lagi besok. Aku berjanji akan memberikan kue buatannya,” kata Amelia. “Kamu agak pengap,” pikir ibu Amelia sambil menggelengkan kepalanya lagi. Keesokan harinya matahari bersinar. Saat itu baru jam tujuh pagi ketika Amelia mendongak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *